Image of Analisis Perbedaan Biaya Persediaan Dengan Metode aliran Biaya FIFO atau AVERAGE serta Hubungannya Terhadap Laba Kena Pajak (Studi Kasus Pada PT. Artindo Prima Graha Periode Tahun 2010-2011)

Text

Analisis Perbedaan Biaya Persediaan Dengan Metode aliran Biaya FIFO atau AVERAGE serta Hubungannya Terhadap Laba Kena Pajak (Studi Kasus Pada PT. Artindo Prima Graha Periode Tahun 2010-2011)



Persediaan merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi perusahaan sehingga metode perhitungan persediaan yang digunakan oleh perusahaan harus diperhatikan. Metode penilaian persediaan ada tiga macam yaitu Masuk Pertama Keluar Pertama atau Firt In First Out (FIFO), Masuk Terakhir Keluar Pertama atau Last In Fisrt Out (LIFO) dan Metode rata-rata Tertimbang (Average). Metode yang digunkan oleh PT. Artindo Prima Graha adalah FIFO. Sedangkan metode yang diakui perpajakan adalah metode FIFO dan Average.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode penilaian persediaan FIFO dan Average serta pengaruhnya terhadap laba kena pajak pada PT. Artindo Prima Graha periode tahun 2010 dan 2011. data yang digunkan dalam penelitian adalah data sekunder dari perusahaan berupa laporan rugi laba tahun 2010 dan 2011. Analisis yang digunakan adalah uji independent sample t-test dan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS versi 20.0.
Berdasarkan hasil analis dan pembahasan menggunakan program SPSS versi 20.0 dengan uji independent sample t-test diperoleh bahwa rata-rata harga pokok penjualan dengan metode FIFO lebih besar dari harga pokok penjualan dnegan metode Average yaitu 1.73629 > 1.70629 sedangkan rata-rata laba kena pajak dengan metode average lebih besar daripada laba kena pajak metode FIFO yaitu 0.16125 > 0.13208. Dari pengujian regresi linear sederhana diperoleh bahwa metode FIFO dan average masing-masing berpengaruh signifikan terhadap laba kena pajak sehingga FIFO dan average memiliki kontribusi negatif terhadap laba kena pajak.


Ketersediaan

SK00104Perpustakaan STIE Library (KB #66)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
75 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this