Image of Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas dan Perputaran Piutang Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ 45 Periode Tahun 2013-2014)

Text

Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Rasio Likuiditas dan Perputaran Piutang Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ 45 Periode Tahun 2013-2014)



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana pengaruh kinerja keuangan yang difokuskan pada rasio profitabilitas dengan alat ukur net profit margin (NPM), return on assets (ROA), return on equity (ROE), rasio likuiditas dengan alat ukur current ratio, quick ratio, cash ratio, dan perputaran piutang (receivables turnover) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ 45 periode tahun 2013-2014. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ 45 periode tahun 2013-2014, dengan jumlah sampel setelah tereliminasi dengan beberapa kriteria maka didapat 30 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda, statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji T serta uji koefisien determinasi. Dengan data yang diperoleh dari informasi laporan keuangan indeks LQ 45 periode tahun 2013-2014 yang didapat berasal dari sumber website Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara net profit margin (NPM) terhadap harga saham, dan return on equity (ROE) terhadap harga saham. Lalu beberapa variabel yang menunjukkan hasil yang tidak signifikan dan tidak berpengaruh terhadap harga saham antara lain: return on assets (ROA), current ratio, quick ratio, cash ratio dan receivables turnover terhadap harga saham. Dengan persentase koefisien determinasi 93,20% variabel yang diteliti memiliki pengaruh terhadap harga saham dan sisanya 6,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Ketersediaan

SK00180Perpustakaan STIE LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
97 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this