Image of Analisis Pengaruh Elemen-Elemen Laporan Laba Rugi Terhadap Pajak Penghasilan Terutang Penelitian Empiris Pada Perusahaan Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Text

Analisis Pengaruh Elemen-Elemen Laporan Laba Rugi Terhadap Pajak Penghasilan Terutang Penelitian Empiris Pada Perusahaan Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan bersih, beban komersial, penghasilan lain-lain, dan laba setelah pajak terhadap pajak penghasilan terutang secara simultan (bersama-sama) maupun parsial (terpisah). Studi dilaksanakan dengan menerapkan pengujian hipotesis dengan teknik analisis time series sebagai penelitian kausal komparatif sehingga didapat 48 data laporan keuangan perusahaan aneka industri yang sahamnya terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI). 48 data laporan keuangan ini terdiri dari 16 perusahaan sampel dengan tahun penelitian 2006, 16 perusahaan sampel tahun penelitian 2007, dan 16 perusahaan sampel tahun penelitian 2008. Besarnya sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Selanjutnya data dianalisis dengan metode statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: Hasil uji F menunjukkan bahwa hipotesis 1 yaitu penjualan bersih, beban komersial, penghasilan lain-lain dan laba setelah pajak secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap pajak penghasilan terutang. Selian itu hasil hipotesis 2, hipotesis 3, hipotesis 4 hingga hipotesis 5 menunjukkan bahwa penjualan bersih, beban komersial, penghasilan lain-lain dan laba setelah pajak masing-masing (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan terutang. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa elemen-elemen dalam laporan laba rugi berpengaruh secara signifikan terhadap pajak penghasilan terutang.


Ketersediaan

SK00126Perpustakaan STIE Library (KB #66)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
109 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this