Image of Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan (size) dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung jawab Sosial

Text

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan (size) dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung jawab Sosial



Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan manufaktur di Indonesia dan untuk mengetahui bahwa kinerja keuangan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Indonesia yang beropersi dalam periode tahun 2010-2011.
Data dikumpulkan melalui observasi data sekunder kemudian dilakukan pengujian melalui metode yang meliputi uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji F, uji t, dan analisis koefisien determinasi (R kuadrat). Sedangkan untuk menganalisis data digunakan software SPSS versi 17. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji t, variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap variabel pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate social Responsibility). Kemudian melalui uji t dapat diketahui bahwa variabel ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kuantitsa pengungkapan CSR. Sedangkan berdasarkan uji simultan (Uji F) profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage memiliki pengaruh terhadap CSR menufaktur di Indonesia. Besar ny R kuadrat pada perusahaan manufaktur di Indonesia sebesar 0,181. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independen yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap varaiabel dependen CSR yang dapat diterangkan oleh model persamaan sebesar 18,1%, sedangkan sisanya sebesar 81,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.
Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti, saran bagi penelitian selanjutnya agar sebaiknya menambahkan variabel, memperpanjang periode penelitian atau rentang waktu penelitian, memperbaharui item-item pengungkapan, dan menggunakan jaenis sampel perusahaan yang lain sehingga dapat lebih diketahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial di Indonesia.


Ketersediaan

SK00116Perpustakaan STIE Library (KB #66)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
67 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this