Image of Analisis Pengendalian Internal dan Lingkungan Pengendalian Pada Sistem Pengeluaran Kas Kecil Kegiatan Promosi (Studi Empiris PT. Novell Pharmaceutical Laboratories Tahun 2010)

Text

Analisis Pengendalian Internal dan Lingkungan Pengendalian Pada Sistem Pengeluaran Kas Kecil Kegiatan Promosi (Studi Empiris PT. Novell Pharmaceutical Laboratories Tahun 2010)



PT. Novell Pharmaceutical Laboratories adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang farmasi. PT. Novell Pharmaceutical Laboratories melakukan penjualan produk melalui apotik, toko obat, supermarket, rumah sakit. Sedangkan kegiatan promosi dilakukan melalui iklan, televisi, majalah, tabloid, spanduk dan reklame. Kegiatan-kegiatan event dilakukan di rumah sakit, supermarket, kantor pos. Kegiatan promosi produk dulakukan PT. Novell Pharmaceutical Laboratories subdivisi Bussines Promotion. Manager Promotion yang disebut PROMAN memiliki anak buah yang disebut Promotion Officer (PO). PO inilah yang melakukan kegiatan promosi melalui event. Pelaksanaan kegiatan event membutuhkan kas kecil untuk pembayaran sewa tempat, gaji SPG/SPB, biaya transportasi, Promotion Officer (PO). Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan metode penelitian deskriptif dan jenis data primer (wawancara), sekunder (standar operasional prosedur, struktur organisasi, dokumen kas kecil), alat analisis yang digunakan literatur tentang pengendalian internal dan lingkungan pengendalian, komparatif, dan flowchart. Untuk mencapai penelitian menganalisis pengendalian internal dan lingkungan pengendalian internal dalam sistem akuntansi pengeluaran kas kecil sesuai dengan tujuan pengendalian manajemen. Hasil penelitian menyatakan bahwa: sistem pengendalian internal pada sistem pengeluaran kas kecil kegiatan promosi PT. Novell Pharmaceutical Laboratories belum memenuhi tujuan pengendalian internal karena pemegang dan kas kecil dan pemakai dana kecil dilakukan oleh satu orang yang Promotion Offcer, lingkungan pengendalian belum memenuhi tujuan pengendalian karena gaya operasional sentralisasi keputusan berada ditangan General Manager kantor pusat yang membutuhkan waktu lama untuk memperoleh keputusan atau solusi dari suatu masalah, tidak menggunakan formulir permintaan pengeluaran dana kas kecil dan tidak dilakukan pencatatan jurnal pengeluaran kas kecil sehingga mempengaruhi sistem akuntansi pengeluaran kas kecil.


Ketersediaan

SK00112Perpustakaan STIE Library (KB #66)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
123 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this