Image of Pengaruh Kondisi Keuangan yang Dihitung dengan Z Score, Leverage, Reputasi Auditor Terhadap Pengungkapan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012)

Text

Pengaruh Kondisi Keuangan yang Dihitung dengan Z Score, Leverage, Reputasi Auditor Terhadap Pengungkapan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012)



Opini audit going concern adalah opini yang dikeluarkan oleh auditor yang berguna untuk mengevaluasi apakah ada kesangsian mengenai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kondisi keuangan, leverage, dan reputasi auditor terhadap pengungkapan opini audit going concern khususnya perusahaan sektor manufaktur go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur go public yang pada tahun 2010 sampai 2012 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu berjumlah 36 perusahaan manufaktur. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Dimana terdiri dari dua jenis variabel yaitu variabel terikat, dan variabel bebas. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai variabel terikat adalah penerapan opini going concern (Y), sedangkan yang bertindak sebagai variabel bebas adalah kondisi keuangan (X1), leverage (X2), dan reputasi auditor (X3). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi keuangan yang diukur dengan Z score secraa statistik tidak berpengeruh terhadap pengungkapan opini audit going concern. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,832 yang lebih besar dari 0,05, leverage secara statistik berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan opini audit going concern, dilihat dari nilai signifikansi 0,031 yang lebih kecil dari 0,05, reputasi auditor secara statistik tidak berpengaruh terhadaap pengungkapan opini audit going concern, dilihat dari nilai signifikansi sebesar o,847 yang lebih besar dari 0,05.


Ketersediaan

SK00024Perpustakaan STIE Library (KB #68)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STIE Kasih Bangsa : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
70 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this